Penyebab Website Tidak Bisa DiaksesTerdapat banyak hal yang menyebabkan situs anda tidak bisa diakses. Tulisan dibawah ini akan menjelaskan bagaimana mengetahui penyebab masalahnya jika terdapat pesan-pesan error seperti "404 Not Found", "403 Forbidden", "500 Internal Server Error" dan lain sebagainya muncul dilayar browser. Beberapa hal yang harus diperiksa pada saat situs anda sulit diakses adalah:
·         Setting DNS dan nameserver nama domain anda.
·         Nama Domain yang sudah kadaluarsa/expired
·         File "index" yang isinya kosong atau file "index" tidak ada di tempatnya
·         Masalah koneksi jaringan/internet
·         IP komputer anda terblokir firewall
·         Komputer anda terserang ARP Spoofing/trojan/virus
·         Terdapat kesalahan dengan file .htaccess
Kesalahan setting DNS
Kesalahan dalam setting DNS maupun nameserver dapat menyebabkan web anda tidak dapat diakses. Umumnya website tidak dapat diakses dalam beberapa jam atau beberapa hari setelah perubahan DNS. Meskipun setting DNS salah, website masih bisa diakses dalam beberapa jam, namun tiba-tiba tidak bisa diakses selang beberapa waktu kemudian.

Solusi:
Perbaiki DNS anda lewat control panel cpanel. Untuk mengubah nameserver, silahkan masuk ke domain panel anda (bukan cpanel).

File index (index.html, index.htm, atau index.php) Tidak ada di tempatnya atau tidak ada isinya (kosong)
Ketika seorang pengunjung mengakses web anda, maka server web akan mencoba membuka salah satu file berikut: index.html, index.htm, index.php (server web akan mencari keberadaan file-file tersebut dalam urutan seperti itu). Jika salah satu dari file tersebut tidak ada server web akan menampilkan error seperti error document, No Index file, atau server web akan menampilkan daftar semua file dan filder yang ada didalam account anda..
Jika file index kosong (tidak ada isinya) program browser internet akan menampilkan halaman kosong. Jika halaman index anda berupa index.php, maka munculnya halaman kosong dapat juga disebabkan karena adanya error dalam file index.php anda dan server web telah di setting untuk menampilkan halaman kosong jika terjadi kesalahan dalam pemrosesan file php tersebut.

Solusi:
Periksa file index anda, apakah ada di public_html atau tidak, atau apakah isinya kosong atau tidak.

Nama domain telah kadaluarsa atau expired
Domain jika tidak diperpanjang akan memasuki masa expired, dimana domain tersebut dikunci dan dialihkan ke sebuah halaman yang disebut domain parking. Setelah masa domain expired berakhir, sebuah domain akan memasuki masa deleted, pada masa ini domain masih ada kemungkinan direstore namun dengan biaya yang tinggi. Jika domain terlalu lama tidak diperpanjang, maka akan tidak bisa diperpanjang lagi untuk selamanya namun beberapa domain ada yang bisa dibeli lagi oleh orang lain.

Solusi:
Segera perpanjang domain anda, sebelum jangka waktu yang kami tentukan. Proses perpanjangan domain yang sudah expired membutuhkan waktu 24-72 jam.

Masalah Koneksi Internet
Mungkin pada suatu saat anda mengalami masalah koneksi internet ke server di mana situs web anda berada. Ini artinya, pada saat itu terjadi, anda anda masih dapat mengakses situs-situs lain namun situs anda sendiri tidak dapat dibuka.
Hal yang pertama kali anda lakukan adalah memeriksa koneksi dari komputer anda ke server web dimana situs anda berada menggunakan perintah seperi "ping" yang tersedia di komputer anda.
Buka Command Prompt, ketikkan ping www.domain.com
Jika hasilnya menunjukkan beberapa baris "reply", sambungan ke server web anda tidak mengalami masalah. Waktu yang tertera dalam hasil perintah ping menunjukkan seberapa cepat sambungan ke server web anda dari komputer anda.
Jika anda melihat kesalahan "request timed out", kemungkinan memang sedang terjadi kerusakan disuatu tempat diantara komputer anda dan server.

Solusi:
Silahkan hubungi kami dengan membuat support ticket di seoexos.com
Jika anda tidak bisa membuka semua website termasuk www.google.com, silahkan hubungi ISP atau penyedia koneksi internet anda.

IP anda terblokir server
Mungkin suatu saat anda tidak bisa membuka semua website diserver kami, bisa jadi itu karena IP anda terblokir firewall.
Ada beberapa penyebab IP terblokir firewall:
·         Salah login cpanel/webmail/ftp/ssh/pop3/imap berkali-kali
·         Terlalu sering me-refresh browser
·         Melakukan spam
·         Hacking
·         DOS attack
·         Port scan
Solusi:
Silahkan anda laporan ke support kami di  dengan mencantumkan alamat IP anda. Untuk mengetahui berapa alamat IP anda, bisa anda cek disini: http://whatismyip.com

Komputer anda terserang ARP Spoofing/trojan/virus
Ada banyak virus/spyware mencegah anda untuk menggunakan koneksi internet. Sebenarnya koneksi dikomputer anda ada, namun virus tersebut memblokirnya.
Solusi:
Scan komputer anda dari virus/spyware/trojan dengan antivirus terupdate.

Kesalahan pada file .htaccess
Kesalahan penulisan pada file .htacces dapat menyebabkan website menjadi tidak bisa diakses denggan memunculkan error 500 Internal Server Error. Bisa juga karena konfigurasi htaccess tidak dikenali oleh server.

Solusi:
Periksa file .htaccess anda. Jika anda baru saja mengeditnya, coba kembalikan seperti semula.
Anda juga bisa mencari referensi di google untuk kode-kode konfigurasi htaccess.

Tips Tambahan
1.     Cek koneksi internet anda, apakah bisa mengakses ke web lain atau tidak.
2.     Ping ke domain anda dengan menggunakan Command Prompt: ping -t www.domain.com
3.     Gunakan fasilitas tracker dari http://tools.pingdom.com/ping/ untuk memeriksa website anda.
4.     Bersihkan browser cache anda, ada kemungkinan anda masih menyimpan halaman web lama anda yang belum terupdate.
5.     Jika masalah tetap tidak teratasi, anda bisa cek menggunakan ISP lain atau network lain. Cara mengetahuinya seperti ini: Misal Anda bisa mengakses web dari koneksi internet rumah, tetapi tidak bisa mengakses dari koneksi internet kantor, maka yang bermasalah adalah ISP kantor dan tidak ada masalah di server, atau IP kantor terblokir.
6.     Hubungi penyedia koneksi internet (ISP) anda.
7.     Restart modem dan komputer anda dan scan virus, ada kemungkinan komputer anda terdapat virus yang mengirimkan paket serangan ke server sehingga IP anda terblokir.
8.     Refresh browser anda, gunakan browser versi terbaru dan selalu terupdate. Force refresh dengan menekan tombol CTRL dan F5.
9.     Jika masalah masih tidak teratasi, silahkan hubungi kami, kemungkinan sedang terjadi overload server, traffic tinggi, maintenance, perbaikan, IP anda terblokir firewall server kami dan hal lain yang tak terduga. Dengan senang hati kami selalu membantu anda.


0 comments so far,add yours